Kamis, 12 Mei 2011

Selongsong Kabel

   Menentukan rumah kabel kopling karburator atau rem belakang harus ganti memang susah. Sebab selain jarang rusak biasanya diganti kalau kabel sudah putus. Padahal untuk menghindari kabel yang putus bisa diketahui dari awal. Deteksinya lewat rasa dan tampilan rumah kabel slang yang terpasang juga gerak tuas kopling atau grip gas terasa keset. 

   Penyebab lain bila kabel sering putus berulang kali meski kabel belum lama diganti biasanya bagian dalam rumah kawat sudah berkarat dan kurang pelumas. Sehingga gesekan kawat dengan ulir dislang gampang terkikis dan mudah putus. 

   Timbulnya karat dislang biasanya disebabkan pelapis luar dari campuran plastik dan karet sudah ada yang robek akibat tergores atau sering tertekuk. Dari 3 penyebab yang mesti diperhatikan tadi, sebenarnya ada cara lain mendeteksi kapan ganti slang paling sederhana yaitu bila lapisan luar slang dari campuran plastik dan karat sudah dirasa getas jika ditekan pakai ujung jari sebaiknya segera diganti. Itu karena slang keras tanda kawat kurang pelumas dan kawat ulir slang sudah berkarat. Terakhir ada baiknya slang selalu diberi pelumas tiap 3 bulan sekali untuk motor harian. 

0 komentar:

Posting Komentar

Jangan Lupa tinggalkan komentarnya Gan... !!