Minggu, 15 Mei 2011

Cakram Lebar Pakem

   Soal kepakeman rem cakram memang jauh lebih sip ketimbang tromol. Tapi urusan reaksi pengereman rem cakram antar motor bebek beda-beda. Tidak heran jika di road race suka pada pasang cakram lebar model floating. Tapi apa cuma ganti piringan doang langsung bisa pakem ? jawabnya tidak.
  
   Bikin sektor ciet makin ciet nggak melulu cuma ganti piringan. Reaksi pengereman spontan bisa didapat dari penggantian master rem yang lebih besar. Seperti master rem Jupiter-Z dengan piston diameter 11 mm diganti rumah minyak rem bawaan Ninja berukuran 1/2 inci.

   Istilahnya tinggal towel tuas rem dikit, motor langsung berhenti. Modifikasi rem lebih serius meningkat ke aplikasi kaliper multi piston. Kepala babi 4 piston dengan konfigurasi 2 piston berseberangan mendorong kampas rem lebih lebar ketimbang model 2 piston biasa. Jika ingin mengganti kaliper kayak gini mesti diimbangi master rem yang memang peruntukannya. Misalkan kaliper 4 piston moge jodohnya ya master rem ukuran 14 mm. Nekat pakai yang 12 mm, alhasil reaksi pengereman jadi lama. Trik mendongkrak pengereman tingkat lanjut bisa dilakoni dengan penggantian slang rem. Dari karet ke bahan stainless steel dan pemasangan kampas rem metal.

0 komentar:

Posting Komentar

Jangan Lupa tinggalkan komentarnya Gan... !!