Minggu, 15 Mei 2011

Filter Oli Suzuki Thunder 125

   Di kelas sport tanggung suzuki Thunder 125 punya kelebihan unik. Bahkan mungkin bisa disebut sebagai pelopor. Tampak pada rumah saringan oil sump yang ada di bawah mesin. Desainnya tidak memikirkan kondisi saat ini, tapi masa mendatang. Kenapa bisa begitu ? Maksudnya begini. Jika ulir baut pembuangan oli mendadak slek, tak perlu repot bongkar mesin untuk tambah daging. Cukup bawa tutup saringan oil sump ke tukang bubut, lalu minta dibuat ulir yang baru.
 
   Keunikan lain yaitu tutup rumah oil sump yang ada kawat kasa sebagai penyaring oli. Tutup itu diracik satu set dengan baut pembuangan oli. Sehingga sisa kotoran yang mengendap di bawah kawat kasa dengan mudah dibuang bersama saat ganti oli. Ini bedanya dengan produk lain yang posisinya di tempat terpisah. Sehingga ketika mencapai batas waktu servis, proses pun semakin ringkas. Saringan oil sump ini tetap harus dibersihkan dan biasanya dilakukan tiap 7.500 km sekali.

   Soal cara servis tidak perlu lagi beli filter oli atau kawat kasa yang baru cukup buka tutup rumah oil sump dengan melepas 3 baut pakai kunci ring 8. Tapi sebelum dibongkar, oli dibak mesin dibuang terlebih dahulu lewat baut pembuangan oli. Langkah selanjutnya kendurkan 2 sekrup pengikat kawat kasa penyaring pakai obeng kembang ukuran sedang. Tentu setelah tutup dibuka dan oli di bak mesin sudah terbuang baru kemudian kawat kasa yang kotor tadi dibersihkan dengan cara disembur pakai angin kompressor. Kalau sudah bersih kembalikan kawat kasa dan penutupnya seperti semula. Selesai sudah ...

0 komentar:

Posting Komentar

Jangan Lupa tinggalkan komentarnya Gan... !!