Minggu, 10 April 2011

Sebab Motor Boros Bensin

1. Salah seting GIR

2. Rantai kendur.
   Rantai roda kendur tenaga mesin hilang. Gas ditarik namun lama bereaksi. Roda berputar lebih lama lantaran menunggu rantai mengencang. makin boros jika mata gir dan rantai aus. Juga karet peredam gir sudah pada terkoyak.

3. Laher roda seret
    Bola laher seret akibat karat atau permukan sudah koyak. Akibat pemasangan laher salah pun bisa bikin bensin boros. Contoh kalau dudukan laher di teromol longgar akibat terkikis. Alhasil lingkar dalam laher akan terjepit dengan bos teromol dan menyebabkan putaran tersendat.

4. Sil karet kaliper keras
    Pasalnya kampas rem nggak mau balik setelah master rem ditekan, alhasil tenaga dari mesin untuk memutar roda kurang lancar. Ini juga sebab bensin boros. Supaya gerak maju-mundur piston di rumah kaliper lancar, segera ganti karet sil keras di kedua bagian itu. Jangan lupa lumasi.

5. Kampas kopling tipis
    Enggak heran kalau kampas kopling tipis disebut biang boros bensin. Karena tenaga dari mesin tidak efektif memutar reduksi. Yang ada ,bensin banyak dikeluarkan.

6. Sasis miring
   Biar gejalanya sepele, sasis miring juga punya andil dalam urusan boros bensin. Apalagi jika miringnya kelewatan. Ada beberapa hal yang bikin seret gir roda belakang. Misal pertemuan gir belakang tidak rata dengan depan akibat sasis miring. Akibatnya rantai susah disetel dan terjadi gesekan paksa antara mata gir dengan rantai.


7. Kabel massa kendur
    Jangan lihat kabel massa di motor sebagai peranti sepele. Terlebih tunggangan yang mengusung pengapian arus DC. Jika aliran arus dikabel massa tidak maksimal, timbul gejala mbrebet pun berisiko gas bakar terbuang percuma.


8. Slang bensin getas bikin bocor

9. Filter udara kotor
    Filter udara kotor mengakibatkan suplai bensin ke ruang bakar berlebih. Udara yang mestinya bercampur dengan bensin jadi tidak imbang gara-gara terhimpit debu.


10. Hindari paking knalpot bocor
     Paking bocor juga bisa bikin boros. Sebab silinder masih butuh tendangan balik (TURBULENSI) gas bakar yang dilepas lewat pipa knalpot.


11. Gas seret
      Idealnya, gas bakar akan terisap bila piston skep diperintah untuk membuka. Makanya bila kabel seret, skep terangkat melulu dan bensin mengalir terus. Agar tidak mubazir, segera servis kelancaran kabel gas skep karbu. Cukup dicuci pakai cairan pembersih dan dilumasi oli, dijamin gas bakar tidak terbuang percuma.

0 komentar:

Posting Komentar

Jangan Lupa tinggalkan komentarnya Gan... !!